(EMASLIM)
- Prestasi sebagai guru - Kemampuan Membimbing Guru - Kemampuan Membimbing Karyawan - Kemampuan Membimbing Siswa - Kemampuan Mengembangkan Staf
- Kemampuan Menyusun Program - Kemampuan Menyusun Organisasi/ Kepagawaian di Sekolah - Kemampuan Menggerakkan Staf - Keammpuan Mengoptimalkan Sumber Daya Sekolah
- Kemampuan Mengelola Administrasi KBM - Kemampuan Mengelola Administrasi Kesiswaan - Kemampuan Mengelola Administrasi Ketenagaan - Kemampuan Mengelola Adminiastrasi Keuangan - Kemampuan Mengelola Administrasi Sarana/prasarana - Kemampuan Mengelola Administrasi Persuratan
- Kemampuan Menyusun Program Supervisi Pendidikan - Kemampuan Melaksanakan Supervisi Pendidikan - Kemamampuan memanfaatkan Hasil Supervisi - Kepribadian - Kemampuan Mengenal Anak Buah - Pemahaman terhadap visi dan misi sekolah - Kemampuan Mengambil Keputusan - Kemampuan Komunikasi
- Kemampuan mencari/ menemukan gagasan baru - Kemampuan Melakukan Pembaharuan di Sekolah
- Kemampuan Mengatur Lingkungan Kerja (Fisik) - Kemampuan Menerapkan Prinsip Penghargaan dan Hukuman DUA BELAS LANGKAH KEPEMIMPINAN 1. Mengenal Tugas Sendiri 2. Mengetahui Jumlah Bawahan 3. Mengetahui Nama Bawahan 4. Mengetahui Tugas Bawahan 5. Mengetahui Kehadiran Bawahan 6. Melengkapai Kebutuhan/ Peralatan 7. Menilai Pelaksanaan Tugas Bawahan 8. Mengadakan Perbaikan sebagai Tindak Lanjut Penilaian 9. Membina Karier Bawahan 10. Mengatur Kesejahteraan Bawahan 11. Mengadakan Suasana Kekeluargaan 12. Membuat Laporan Pelaksanaan Tugas kepada Atasn |